Download Buku Sekolah

Website bse.depdiknas.go.id masih “berantakan” walaupun telah diresmikan oleh Presiden RI di Istana Negara tanggal 20 Agustus 2008. Melalui program massal buku murah, semua pihak bebas Mengunduh, mencetak lalu menyebarluaskan materi paket buku pelajaran melalui program resmi buku murah hal ini bukan merupakan suatu tindakan pembajakan karena hak cipta buku-buku tersebut sudah dimiliki oleh pemerintah. (dukutip dari detik.com)

Di dalam program massal buku murah, pihak pemerintah memborong hak cipta materi buku teks pelajaran SD-SMP-SMA dan sederajat lalu menyediakan secara gratis di situs utama http://bse.depdiknas.go.id. Namun sampai jam 24.00 tanggal 22 Agustus 2008  website bse.depdiknas.go.id masih mengalami masalah terutama pada saat mengundu buku  pelajaran yang terdapat di website BSE. Bab-bab yang teredapat di dalam buku eletronik tersebut setelah diundu hanya berisi sampul depan / cover buku tersebut dan belum memuat isi buku secara keseluruhan. 
Selain itu sebelum dapat mengundu & membaca secara online BSE tersebut, kita diminta untuk melakukan regestrasi dengan cara memasukan data berupa nama, nomor identitas diri, alamat, pekerjaan, jabatan, telpon, e-mail, webite, username & password. Setelah proses regestrasi selesai kita dapat login dengan acount yang telah di buat.

 

Sebagai bahan masukan bagi depdiknas. Dengan program buku murah ini masyarakat dapat berpartisipasi langsung membantu untuk menyebarluaskan program buku murah dengan cara mereka sendiri-sendiri. Salah satu contohnya adala lewat blog yang menyediakan posting-posting tentang Buku Sekolah Eletronik (BSE) dan menyediakan download link langsung ke website bse.depdiknas.go.id, JIka dengan cara login terlebih dahulu maka download link yang disediakan didalam blog tidak akan bisa langsung mengundu buku tersebut karena adanya syarat untuk login dengan username dan password agar dapat mengundu & membaca BSE tersebut. 

 

Dengan diberikannya kebebasan tanpa adanya syarat login terlebih dahulu maka saya yakin para bloger di seluruh Indonesia akan ramai memuat posting-posting tentang BSE yang dapat di dowload langsung dari blog mereka. Bukan-kah hal ini akan sangat membantu depdiknas sekaligus menaikan rating http://www.bse.depdiknas.go.id sebagai website dengan lalulitas terpadat milik pemerintah Indonesia. Seharusnya Depdiknas “bangga” karena adanya ribuan link dari para bloger Indonesia.

 

“kepada Depdiknas RI, Berikan kami kebebasan untuk berpartisipasi langsung membantu menyebarluaskan buku sekolah eletronik ini dengan cara kami sendiri-sendiri” 
“KATAKAN TIDAK UNTUK LOGIN” 

 

kamalmisran
Berkeinginan untuk turut serta mencerdaskan kehidupan Bangsa..

1 Komentar

Filed under DUNIA PENDIDIKAN

One response to “Download Buku Sekolah

  1. ulasan yang menggugah semangat untuk berbuat
    salam kenal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s