Wow! Hasil Real Count Sesuai dengan Quick Count

Sungguh menakjubkan. Hasil real count KPU ternyata serupa dengan quick count lembaga survei. Padahal metode yang digunakan sangat berlainan.

Saksikanlah di http://tnp.kpu.go.id. Dari data per Senin (13/4/2009) pukul 07.00 WIB, telihat grafik warna biru Partai Demokrat menjulang tinggi mengatasi parpol lain dengan perolehan suara berkisar pada angka 20 persen.

Pada posisi kedua bertengger Partai Golkar dengan perolehan suara pada kisaran angka 14 persen. Adapun posisi ketiga diraih Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dengan perolehan berkisar 14 persen, selisih tipis dengan Golkar.

Posisi berikutnya ditempati Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan kisaran perolehan 8 persen. Diikuti oleh Partai Amanat Nasional (PAN) dengan suara berkisar 6 persen.

Angka-angka di atas, terutama untuk 4 parpol terbesar, tidak jauh beda dengan prediksi lembaga quick count seperti Lingkaran Survei Indonesia, Cirus, dan Lembaga Survei Nasional. Posisi Golkar dan PDIP yang selisih tipis dan saling menyalip juga mirip.

Untuk parpol yang lolos parliamentary threshold (PT) pun keterangan real count serupa dengan prediksi quick count. Ada 9 parpol yang menurut perhitungan sementara real count akan melenggang ke Senayan, yakni PD, Golkar, PDIP, PKS, PAN, PKB, PPP, Gerindra, dan Hanura. Ini sama dengan prediksi quick count.

Kalau kita ikuti, konstelasi perubahan perolehan suara parpol-parpol dalam tabulasi relatif tidak mengubah peringkat dan prosentase tiap parpol. Demokrat sejak awal bertengger di peringkat pertama, diikuti Golkar dan PDIP yang kadang saling salip.

Parpol urutan berikutnya terkadang juga saling salip, namun tidak ada kenaikan atau penurunan peringkat dan prosentase yang cukup signifikan untuk masing-masing parpol.

detikcom – Senin, April 13

2 Komentar

Filed under POLITIK

2 responses to “Wow! Hasil Real Count Sesuai dengan Quick Count

  1. mherjody

    untuk menentukan pilihan…lihat trackrecord masa lalunya mereka..cukuplah kita bisa membedakannya…
    Megawati…waktu menjabat gimana?
    Wiranto…?
    Prabowo…..?
    Tahukan Gimana Mereka?

  2. orang netral

    Karena keadaan sekarang biaya/ beban hidup semakin berat dan sulit maka wajar saja kita ingin ada perubahan. Barang2 sangat mahal, bahkan minyak makan sudah tembus rp.10.000,- …berapa sih gaji kami satu bulan? cukup gak untuk biaya hidup. Apa lagi kaum buruh… ya…bagi Anda yg kaya sih mungkin itu soal kecil, dan itu hak Anda. Ingat Bung! manusia itu mahkluk sosial…he..he…he…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s