Mistik

Minggu malam, 30 Oktober 1938, radio CBS di AS menyiarkan sebuah “laporan” tentang serbuan mahluk-mahluk Mars ke kawasan Grovers Mill, New Jersey. Siaran itu membuat panik hampir satu juta rakyat Amerika Serikat.


Dering telepon membanjiri kantor-kantor polisi, media, dan stasiun radio tersebut. Warga bertanya-tanya di tengah kepanikan, apakah serangan alien itu memang benar-benar terjadi? Sumber kepanikan adalah sebuah drama radio “The War of the Worlds” arahan Orson Welles yang dimainkan The Mercury Theater dari novel karya HG Wells (1898).


Peristiwa enam puluh delapan tahun lalu itu cukup menggemparkan. Bukan hanya karena kekuatan dramatikal radio olahan Orson Welles saja, tetapi karena isu serangan alien itu memang terdengar benar-benar nyata. Ada pelajaran berharga dari peristiwa ini, –selain mulai diyakininya kekuatan radio sebagai media– yaitu perihal alien dan UFO ternyata bisa masuk akal juga.
 

 

Pada 24 Juni 1947, pengusaha ternama AS Kenneth Arnold dalam penerbangannya di bagian Selatan Washington mengaku melihat sembilan benda besar bersinar melayang di atas gugus pegunungan Cascade, Negara Bagian Washington. Kejadian ini menarik perhatian media massa yang kemudian mengekspos hal tersebut. Pada tahun inilah istilah UFO mulai dipakai untuk merujuk benda asing terbang tak dikenal.


Selanjutnya temuan Kenneth juga menarik perhatian militer terutama pihjak angkatan Udara AS (USAF) untuk melakukan penelitian serius soal penampakan di angkasa ini.


Satu hal menarik, ribuan penampakan UFO selama seratusan tahun terakhir ini memang menjadi fenomena yang hangat dibicarakan di hampir semua belahan dunia. Puncaknya terjadi pada tahun 1960 sampai 1980-an. Bahkan lembaga Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 27 November 1978 mengangkat masalah UFO dalam pembicaraan Komite Politik Khusus dari Majelis Umum dalam sidang yang ke-33. Wah! Selanjutnya

2 Komentar

Filed under DUNIA MISTERI

2 responses to “Mistik

  1. Yang gue nggak mengerti itu beneran atau boongan yang serbuan dari planet mars itu.

  2. Sony

    Iya ya..benar ga’ sih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s